Sulit memang untuk bisa menonjol di rak retail, tetapi merek Anda memiliki banyak pilihan cara untuk memikat pelanggan mereka.

Dengan seberapa kompetitif pasar ritel saat ini, tidak mengherankan bahwa begitu banyak perusahaan mendorong kampanye kemasan yang direvitalisasi untuk merek mereka. Dan sementara itu, Anda tidak boleh membiarkan “aturan” desain membatasi kreativitas Anda dalam menghasilkan ide-ide baru, ada beberapa praktik terbaik yang harus Anda ingat jika Anda ingin tetap kompetitif di rak-rak retail (supermarket, minimarket, agen store dll).

1. Prioritaskan Kegunaan

Tidak peduli seberapa kreatif Anda, kemasan Anda harus mendukung bagaimana produk digunakan. Pernahkah Anda melihat seseorang membuat sumpit lebih menonjol dari bungkusnya? Itu kegunaan dalam tindakan. Contoh lain termasuk kantong dengan resleting yang dapat ditutup kembali, nosel berbentuk untuk dituang, atau bahkan tren baru botol bumbu terbalik.

2. Ciptakan Kebutuhan

Menciptakan kebutuhan melalui desain Anda adalah taktik pemasaran yang telah teruji oleh waktu, biasanya berupa promosi waktu terbatas yang memanfaatkan kelangkaan. Pertimbangkan untuk membuat desain kemasan baru untuk promosi atau liburan tertentu. Kita tahu itu terdengar kuno, tetapi penelitian mengatakan demikian. Strategi kelangkaan memiliki efek positif pada dorongan sikap terhadap produk, pembelian impulsif, dan niat beli. Manfaatkan itu.

3. Tampilkan Fitur Terbaik Produk Anda

Konsumen ingin tahu apa yang mereka dapatkan sebelum membeli. Mereka ingin melihat objeknya, merasakannya, mengalaminya. Tetapi tanpa bantuan Anda, mereka tidak mungkin bisa. Pertimbangkan untuk menggunakan kemasan transparan yang memamerkan produk Anda atau jendela cut-out untuk memberi mereka pengalaman sentuhan. Libatkan indera mereka dan biarkan mereka berinteraksi dengan produk Anda.

4. Pesan yang Sederhana

Sudah terdokumentasi dengan baik bahwa konsumen tidak perlu menilai produk. Ingatlah ini saat membuat desain kemasan Anda. Apa proposisi nilai utama Anda? Identifikasi dan dorong dengan kuat. Dalam kebanyakan kasus, mengurangi desain yang terlalu ramai akan memberi Anda penampilan yang lebih halus dan fokus.

5. Buatlah model kemasan yang bisa digunakan kembali atau jangka panjang (recycle).

Kemasan yang dapat digunakan kembali adalah cara yang bagus untuk mengurangi jejak karbon perusahaan Anda, tetapi juga bagus untuk konsumen. Jika Anda mendorong aspek lingkungan, jelaskan bahwa desain Anda mendukung keberlanjutan dan beri tahu pengguna cara menggunakan kembali (atau mungkin mendaur ulang) kemasan Anda.

6. Pertimbangkan Penempatan Kemasan

Apakah Anda menjual produk Anda secara online? Di toko bangunan atau supermarket? atau di toko agen-agen?Pertimbangkan lokasi sebelum menjadi terlalu liar dengan kemasan Anda. Jika produk Anda perlu berbagi ruang rak, Anda akan memiliki lebih banyak batasan pada ukuran dan desain. Online memberi Anda lebih banyak fleksibilitas, tetapi banyak tipe konsumen ingin merasakan / melihat item secara langsung. Ini adalah dasar tetapi sangat penting untuk kesuksesan pemasaran Anda.

7. Tampil Beda Melalui Desain

Kemasan Anda adalah tempat yang tepat untuk memamerkan getaran unik merek Anda. Lihatlah Chipotle untuk contoh yang bagus. Selama bertahun-tahun, perusahaan telah menyajikan pilihan desain yang lucu dan bijaksana yang melibatkan pelanggan sambil menunjukkan antusiasme yang tulus. Menancapkan kesenangan pada kemasan akan meningkatkan daya tarik konsumen untuk mencoba merek produk Anda tanpa mereka sadari.

Kami telah melalui periode pengembangan desain kemasan. Desain pengemasan yang inovatif adalah salah satu cara terbaik untuk membedakan diri Anda dari pesaing – pastikan Anda melakukannya dengan benar.

Percayakan desin kemasan produk Anda pada Widarto Impact, kamı dipercaya sebagai perancang desain kemasan yang mampu meningkatkan brand awareness dan penjualan produk sebagai point profitabilitas bisnis. Hubungi Widarto Impact dengan mengisi form contact dan konsultan desain kemasan kami akan segera mendiskusikan solusi untuk desain kemasan merek produk Anda.